Jumat, 10 Desember 2010

OKE GAK SICH PUNYA SMS SERVER (6)

Hoteport,


Rasanya sudah lama banget gak nulis di blog ini… kayaknya dah hampir dua tahun deh… maklum, sibuk ngurus anak pertama yang sekarang dah berumur 1 tahun 8 bulan… Banyaaaak banget komentar yang aku gak sempet jawab… kalaupun dijawab dah basi kali yee… si empunya yg ngasih komentar juga dah gak tahu kemana… jadi biarlah yg lalu tetap berlalu… hehehe…

Gak nyangka banyak banget yang berminat membuat aplikasi yang berbasis sms. Dari polling, sms ticketing, aplikasi sms untuk skripsi sampe aplikasi terapan seperti server pulsa elektrik masuk ke email aku. Sampe capeee deeeh ngikutin pembahasan dan diskusinya. maunya gak usah susah, cepet tapi hasilnya canggih…
Gara-gara bercapek-capek ria bikinin skripsi anak kuliahan mengenai semua yg berbau sms (emang sms ada baunya? hihihi), akhirnya kecebur juga deh ngurusan sms mlulu and termasuk beliin hp/modem buat mereka2 yang gak mau repot alias pengennya terima jadi, hp/modem dah siap berikut dengan aplikasinya. Satu paket katanya. Hehehe. Udah itu plus harus dijelasin lagi sampe mereka bisa dan paham kalo ditanya dosen ntinya…wuihhhh…

Ditambah lagi, terakhir pas ikut-ikutan juga bantuin “temen” analisa software pulsa elektriknya, akhirnya daku ikut terbawa-bawa suka utak-atik pulsa elektrik.. hehehe… pengennya sih biar pulsa aku ada yg isiin… becanda… ngobrol sana-ngobrol sini temen2 berkesimpulan lebih baik pake komponen yang dah jadi… yah, yang namanya Cuma ikut-ikutan, coba cari deh di internet komponen sms yg oke banget… berkat bantuan paman google yang jago banget, yang dijuluki netter si “satu strip di bawah tuhan”, dapatlah aku komponen kylix sms dan activexperts pager toolkit. Berikut cracknya lah… hehehe… dicoba-coba ternyata jalan dengan baik. Tapi setelah dipikir-pikir, kenapa gak bikin sendiri aja yah… toh, kalo belajar sambil ada kasusnya yg nyata kan asik tuh. Hihihi..

Kali ini aku pengen bahas aplikasi terapan untuk pokok bahasan yang lalu OKE GAK SICH PUNYA SMS SERVER(5). Nah, sebagai contoh kasus aku ambil pembuatan server sms pulsa elektrik sederhana. Karena di dalamnya udah mencakup smua proses sms server, tinggal kita pinter2 pakenya aja untuk apa. Aplikasinya tetep pake VB6 dong, trus databasenya pake Microsoft Access 2007. Dengan asumsi supaya murni menggunakan VB6 tanpa komponen luar atau pihak ketiga. Untuk HP/Modemnya, aku pilih Siemens c55, HP murah meriah dengan kemampuan hebat, paling banyak dipake sama server pulsa elektrik se Indonesia… mantap kaaannn….

Kalo pengen coba2 bermain dengan pulsa elektrik, pasti kenal yang namanya MKIOS, MTRONIK, Dompet Pulsa XL, dll. Coba cari tahu deh tentang pulsa elektrik itu apa… banyak loh penjelasannya di internet… aku kasih singkatnya aja yah…

Didalam sistem pulsa server elektrik sederhana ada dua proses,
1. Komunikasi pelanggan dan server pulsa elektrik seperti permintaan dari pelanggan untuk cek saldo, isi pulsa, pengiriman laporan transaksi pulsa atau saldo dari server ke pelanggan, dll melalui sms.
2. Komunikasi server pulsa elektrik ke MKIOS, MTRONIK, Dompul dll melalui USSD, Akses Menu SEV, dan report balasan diterima dalam bentuk sms maupun popscreen text.
Intinya, engine yang harus dibuat itu adalah yang mampu menangani komunikasi SMS, USSD dan akses menu SEV.

Dari ketiga fitur atau fungsi ini, kita sebenarnya bisa menangani hampir semua aplikasi yang berhubungan dengan HP/Modem, diantaranya :
- Aplikasi SMS Sekolah
- Aplikasi SMS Kampus
- Aplikasi Poling SMS
- Aplikasi SMS Broadcast
- Dll.

Nah, untuk antisipasi komunikasi seperti ini, aku dah buatin aplikasi yang memisahkan antara aplikasi yg berkomunikasi dengan hp/modem dan aplikasi yg mengatur lalu lintas data ke hp/modem melalui database. Aplikasi ini aku namain Hoteport. Aplikasi hoteport berbentuk file executable yang dikendalikan oleh aplikasi yg lain yaitu hoteport Manager.

How Hoteport Works


Cara kerja hoteport :
1. Cek ke modem apakah hp/modem support untuk komunikasi AT Command, seperti PDU, baca sms, kirim sms, akses keypad, dll. Caranya klik gambar hp yg ada di hoteport.
2. Jika modem dinyatakan siap pakai, maka tahap selanjutnya hoteport akan mulai membaca hp/modem, apakah ada sms di inbox, kalo ada maka sms dipindahkan ke database kemudian inbox dikosongkan. Jangan takut, ini smua berjalan secara otomatis… kamu terima beres aja.. hehehe…
3. Selanjutnya Hoteport cek ke database, apakah ada permintaan pengiriman sms/ussd/SEV melalui modem, jika ada maka dikirim ke hp/modem
4. Proses cek kesiapan hp/modem dicatat ke dalam log file.
5. Proses transaksi hp/modem dicatat ke dalam log file
6. Nah kalo kamu pengen liat lognya, bisa melalui hoteport atau buka aja file-file lognya di folder aplikasi hoteport.

Cara kerja Hoteport Manager :
1. Mendefinisikan setiap hp/modem terhubung ke Com Port brapa, dan berapa baudrate, dsb.
2. Mendefinisikan Auto Reply text setiap hp/modem
3. Mengaktifkan hp/modem dengan cara memanggil hoteport
4. Mengirim sms
5. Mengirim ussd
6. Mengirim SEV
7. Menampilkan isi inbox dan outbox

Untuk versi demonya fitur2nya terbatas,hanya bisa kirim dan terima data sms/ussd/ckpd, database terbatas pada Microsoft access, tidak bisa berkomunikasi dengan database lain seperti MySql dll, belum bisa menghandle indicator signal, masa aktif dan available pulsa, tapi tetep bisa dipake sampai kapanpun. Sampai saat ini, aku baru mengeluarkan hoteport versi gratisnya. Versi Berbayarnya tergantung pesanan aja deh… . Makanya ikutin terus perkembangannya untuk mendapatkan versi lanjutannya, cieee ….

Aplikasi hoteport didistribusikan dalam bentuk file exe, tidak disediakan sourcecodenya. Nah kalo kamu tertarik untuk membongkar hoteport managernya, dan pengen dikustomisasi, diubah-ubah sesuai dengan aplikasi kamu sendiri, aku sediain lengkap panduan penggunaan beserta contoh programnya. Tapi dikenakan biaya loh yaa… alias GAK GRATIS.. hehehe.. tentunya dengan support penuh melalui blog ini.

Download Hoteport Manager Free Edition di sini.
Password : sholat

2 komentar:

Cakka mengatakan...

wah asyik bisa belajar banyak mengenai vb dari mba :)

Anonim mengatakan...

Aku punya beberapa program menarik, terutama program laporan, misal laporan penjualan, dari situ kita bisa mengetahui laporan penjualan dalam bentuk macam2 misal, chart, excel, pdf dll.... bisa ikutan sharing?...

Dhyaz - Semarang

Peraturan & Tata tertib

Bismillahirrohmanirrohiim, Assalamu'alaikum wr. wb,

Sourcecode yang aku sharing di sini dijelaskan terlebih dahulu alurnya disertai pembahasannya dan sifatnya GRATIS dengan syarat :

1. Kamu-kamu smua kasih komentar
2. Setiap pembuatan program dengan sourcecode dari BLOG aku dan sifatnya komersil WAJIB dan KUDU menyertakan NAMA dan BLOG aku lho!
3. Kamu-kamu jangan lupa isi Polling blog aku yach...

NB :
Donasi :
Rek mandiri No. 117-0005202486.
Arniaty Arsyad
















Wassalam,

Arnie